MATERI KAJIAN RUTIN PEB 2017
KITAB RAWAI’UL BAYAN
الحكم الثالث:
هل تجب قراءة الفاتحة في الصلاة؟
Hukum ke-TIGA : Apakah Wajib membaca Al-Fatihah dalam
sholat?
اختلف الفقهاء في حكم قراءة فاتحة الكتاب في الصلاة على مذهبين:
Para
Ahli Fiqh berbeda pendapat dalam masalah hukum membaca Al-Fatihah dalam Sholat,
terbagi pada 2 Madzhab :
أ - مذهب الجمهور (مالك والشافعي وأحمد) أن قراءة الفاتحة شرط لصحة
الصلاة، فمن تركها مع القدرة عليها لم تصحّ صلاته.
A.
Madzhab Jumhur (Malik, Syafi’i dan Ahmad), bahwa
membaca Al-Fatihah adalah syarat sah sholat. Maka siapa yang meninggalkannya
(tidak membaca Al-Fatihah) padahal ia
mampu (untuk membacanya) maka tidaksah sholatnya.
ب - مذهب الثوري وأبي حنيفة: أن الصلاة تجزئ بدون فاتحة الكتاب مع
الإساءة ولا تبطل صلاته، بل الواجب مطلق القراءة وأقله ثلاث آيات قصار،
أو آية طويلة.
B.
Madzhab Ats-Tsauri dan Abu Hanifah : Bahwa Sholat
boleh (bukan pelanggaran) tanpa (membaca Al-Fatihah, dan tidak batal shalatnya.
Tetapi yang wajib muthlak adalah membaca sedikitnya 3 ayat pendek atau satu
ayat yang panjang.
أدلة الجمهور:
DALIL JUMHUR :
استدل الجمهور على وجوب قراءة الفاتحة بما يلي:
Jumhur mengambil dalil atas
wajibnya membaca Al-Fatihah sebagai berikut:
أولاً: حديث عُبادة بن الصامت وهو قوله عَلَيْهِ الصَّلَاة
وَالسَّلَام ُ: «لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب» .
PERTAMA : Hadits Ubadah Bin Shamit, dan ini
adalah sabda Rasulullah SAW : “Tidak (dianggap) shalat bagi orang yang tidak
membaca Al-Fatihah” (Pen: Lihat HR. Bukhari : 714, HR. Muslim :
595, Hadits Abu Daud : 700, HR. Tirmidzi : 230, HR. Nasa'i : 901, Musnad Ahamd
: 21621)
ثانياً: حديث أبي هريرة أن رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
َ: «قال من صلّى
صلاة لم يقرأ فيها بأمّ الكتاب فهيِ
خِداج فهي خِداج، فهي خداج غير تمام»
KEDUA : Hadits Abu Hurairah, bahwa Rasulullah
SAW bersabda : “Siapa Yang sholat tidak membaca Ummul Kitab (Al-Fatihah) maka
ia tidak sempurna, tidak sempurna, tidak sempurna”.
(Pen; Lihat H. Malik : 174, HR. Muslim : 598, HR.
ABU Daud : 698, Sunan Turmudzi : 287, S.Ibn Majah : 829,HR. Ahmad : 6990)
ثالثاً: حديث أبي سعيد الخدري: «أمرنا أن نقرأ بفاتحة الكتاب وما
تيسّر» .
KETIGA : Hadits Abu Sa’id al-Khudry : “Rasul
memerintahkan kita untuk membaca Al-Fatihah dan apa (surat) Yang mudah”. (Pen .
Sunan Abu Daud: 695).
قالوا: فهذه الآثار كلّها تدل على وجوب قراءة الفاتحة في الصلاة،
فإنّ قوله صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ: «لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة
الكتاب»يدل على نفي الصحة
Mereka
berkata : “hadits-hadits yang tadi disebut semuanya menunjukkan wajibnya membaca Al-Fatihah dalam Sholat, maka
sesungguhnya Sabda Rasul SAW: “Tidak (sah) shalat bagi yang tidak mmembaca
Fatihatul Kitab”. Menunjukkan tidak sah shalat.
وكذلك حديث أبي هريرة فهي خِداج قالها عَلَيْهِ الصَّلَاة
وَالسَّلَام ُ ثلاثاً يدل على عل النقص والفساد، فوجب أن تكون قراءة الفاتحة شرطاً
لصحة الصلاة.
Begitu
pula Hadits Abu Hurairah; Rasulullah mengatakan خداج sampai tiga kali bahwa itu menunjukan kurang
(tidak sempurna) dan Fasad (rusak) nya sholat. Maka wajib untuk membaca Al-Fatihah sebagai syarat sahnya shalat.
أدلة الحنفية:
استدل الثوري وفقهاء الحنفية على صحة الصلاة بغير قراءة الفاتحة بأدلة من الكتاب والسنّة.
أمّا الكتاب: فقوله تعالى: {فاقرءوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ القرآن} [المزمل: 20]
استدل الثوري وفقهاء الحنفية على صحة الصلاة بغير قراءة الفاتحة بأدلة من الكتاب والسنّة.
أمّا الكتاب: فقوله تعالى: {فاقرءوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ القرآن} [المزمل: 20]
Dalil-dali
Hanafiyah :
Ats-Tsauri
dan Fuqaha Hanafiyah memberikan dalil tentang sahnya shalat tanpa membaca
Al-Fatihah dengan dalil dari Al-Quran dan As-Sunnah.
Dari
Kitab (Al-Quran): Firman Allah : “Maka
Bacalah oleh kalian apa yang mudah dari Al-Quran “ (QS.73.Muzamil : 20).
قالوا: فهذا يدل على أن الواجب أن يقرأ أي شيء تيسّر من القرآن، لأن
الآية وردت في القراءة في الصلاة بدليل قوله تعالى: {إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ
أَنَّكَ تَقُومُ أدنى مِن ثُلُثَيِ الليل} إلى قوله: {فاقرءوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ
القرآن} [المزمل: 20]
Mereka (Hanafiyah)
berkata : “Ini menunjukkan bahwanya
wajib untuk membaca apa saja yang mudah dari Al-Quran, karena ayat tersebut
berkaitan dengan bacaan dalam shalat
ditunjukan dengan Firman Allah :
“Sesungguhnya Tuhan-mu Mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri
(shalat) kurang dari dua pertiga malam,” sampai Firman-Nya : “ karena itu bacalah apa
yang mudah (bagimu) dari al-Quran” (QS.73.Muzamil : 20).
ولم تختلف الأمة أن ذلك في شأن الصلاة في الليل، وذلك عموم عندنا في
صلاة الليل وغيرها من النوافل والفرائض لعموم اللفظ
Dan Ummat
tidak berbeda pendapat, bahwa ayat
tersebut berkaitan dengan maslah shalat
malam, (akan tetapi) pendapat
kami secara umum ayat tersebut
berkaitan dengan shalat malam dan (juga)
selain shalat malam, shalat sunnah maupun shalat wajib, berdasarkan
keumuman Lafadz.
وأما السنّة: فما روي عن أبي هريرة رَضِيَ اللَّهُ عَنْه «أن رجلاً
دخل المسجد فصلّى، ثم جاء فسلّم على النبيّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ
فردّ عليه السلام وقال:» ارجع فصلّ فإنك لم تصل «فصلّى ثم جاء فأمره بالرجوع، حتى
فعل ذلك ثلاث مرات، فقال: والذي بعثك بالحق ما أُحْسنُ غيره، فقال عَلَيْهِ
الصَّلَاة وَالسَّلَام ُ:» إذا قمتَ إلى الصلاة فأسبغ الوضوء، ثمّ استقبل القبلة
فكبّر، ثم اسجد حتى تطمئن ساجداً، ثم ارفع حتى تطمئن جالساً، ثم اسجد حتى تطمئن
ساجداً، ثم ارفع حتى تستوي قائماً، ثمّ فاعل ذلك في صلاتك كلها «»
Adapun
(dalil) dari As-Sunah :
Apa yang
diriwayatkan dari Abu Hurairah RA ;
“bahwasanya seseorang memasuki Masjid lalu shalat, setelah itu mendatangi dan
memberi salam kepada Nabi SAW, beliau
menjawab salam dan berkata: “Kembali (ulangi) lalu shalatlah kamu, sesungguhnya
kamu belum shalat “, maka orang tersebut shalat lalu datang lagi ke Nabi, maka
beliau memerintahkan orang tersebut untuk mengulanginya, sampai tiga kali.
Orang tersebut bertanya: “Demi Yang mengutusmu dengan Hak, apa yang salah?”
Beliau bersabda : “Bila kamu
melaksanakan shalat maka sempurnakan wudlu, kemudian menghadap kiblat, lalu
bertakbirlah, kemudian sujudlah sampai tuma’ninah sujudnya, lalu bangkitlah
duduk dengan tu’maninah, kemudian sujudlah dengan tumaninah dan bangunlah
berdiri dengan lurus, lantas lakukanlah hal yang serupa tadi dalam (rakaat
lainnya) shalatmu”.
قالوا: فحديث أبي هريرة في تعليم الرجل صلاته يدل على التخيير (اقرأ
ما تيسّر معك من القرآن) ويقوّي ما ذهبنا إليه، وما دلت عليه الآية الكريمة من
جواز قراءة أي شيء من القرآن.
Mereka
berkata : Maka Hadits Abu Hurairah tentang
Pembelajaran Shalat seorang Menunjukan akan
alternatif (pilihan) (bacalah apa yang mudah
dari Al-Quran), dan ini memperkuat
paham (madzhab) kami, dan apa
yang telah ditunjukan oleh ayat Al-Quran
akan bolehnya membaca sesuatu
(bagian) ayat Al-Quran.
وأما حديث عبادة بن الصامت: فقد حملوه على نفي الكمال، لا على نفي
الحقيقة، ومعناه عندهم (لا صلاة كاملة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب) ولذلك قالوا:
تصح الصلاة مع الكراهية، وقالوا هذا الحديث يشبه قوله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّم َ: «لا صلاة لجار المسجد إلاّ في المسجد»
Adapun
Hadits Ubadah Bin Shamit, memiliki makna ketidak-sempurnaan shalat , bukan dalam arti
yang sebenarnya (tdak dianggap shalat).
Artinya dalam paham mereka : “Tidak lah sempurna shalat bagi yang tidak membaca Al-Fatihah . Karena itulah mereka mengatakan
: “Shalat nya sah walaupun makruh” . Mereka mengatakan Hadits
ini serupa dengan sabda
SAW : “Tidak (sempurna) shalat
bagi tetangga Masjid, kecuali
(ia shalat) di Masjid”.
وأما
حديث أبي هريرة: (فهي خداج، فهي خداج) الخ فقالوا: فيه ما يدلّ لنا لأنّ (الخداج)
الناقصة، وهذا يدل على جوازها مع النقصان، لأنها لو لم تكن جائزة لما أُطلق عليها
اسم النقصان، لأن إثباتها ناقصة ينفي بطلانها، إذ لا يجوز الوصف بالنقصان للشيء
الباطل الذي لم يثبت منه شيء.
Adapun Hadits yang diriwiyatkan Abu Hurairah dengan
redaksi: maka shalatnya Khidaj,. Maka mereka berkata: Ini menunjukkan bahwa
(kata khidaj) berarti kurang (tidak semprna), menunjukkan bolehnya shalat tidak
membaca Al-Fatihah meskipun dinilai kurang. Jika tidak boleh tentu tidak akan
dinilai kurang. Karena penilaian semacam
itu berarti meniadakan batalnya shalat.
Sesuatu yang berpredikat batal dan yang
tidak berdampak hukum tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang tidak sempurna.
هذه هي خلاصة أدلة الفريقين: سردناها لك بإيجاز، وأنت إذا أمعنتَ
النظر، رأيت أنّ ما ذهب إليه الجمهور أقوى دليلاً، وأقوى قيلاً،
Demikianlah ringkasan dalil-dalil dari kedua kelompok yang kami sajikan kepada
Anda secara ringkas. Jika Anda memperhatikan dengan sungguh-sungguh maka Anda
akan tahu bahwa pendapat Jumhur ulama yang lebih kuat dalilnya dan lebih
mengena.
فإنّ
مواظبته عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام ُ على قراءتها في الفريضة والنفل، ومواظبة
أصحابه الكرام عليها دليل على أنه لا تجزئ الصلاة بدونها، وقد عضد ذلك الأحاديث
الصريحة الصحيحة،
Nabi SAW terus
menerus membaca Al-Fatihah dalam shalat fardhu dan sunnah, demikian juga para
Sahabat beliau yang mulia, adalah dalil yang menunjukkan bahwa shalat tidak sah
tanpa membaca Al-Fatihah. Dan diperkuat dengan hadits-Hadits yang jelas dan
shaohih.
والنبي
عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام ُ مهمته التوضيح والبيان، لما أجمل من معاني
القرآن، فيكفي حجّة لفريضتها ووجوبها قولُه وفعله عليه السلام.
Nabi SAW juga berfungsi sebagai penerang dan penjelas dari makna ayat Al-Quran
yang masih global. Maka ucapan dan perbuatan Nabi SAW sudah cukup sebagai hujah
bagi kewajiban membaca Al-Fatihah dalam shalat.
وممّا يؤيد رأي الجمهور ما رواه مسلم عن أبي قتادة أنه قال: «كان
رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ يصلّي بنا فيقرأ في الظهر والعصر في
الركعتين الأوليَيْن بفاتحة الكتاب وسورتين، ويُسمعنا الآية أحياناً، وكان يطوّل
في الركعة الأولى من الظهر، ويقصر الثانية، وكذلك في الصبح» .
Ada lagi
yang menguatkan pendapat Jumhur adalah apa yang diriwayatkan Imam Muslim dari
Abu Qatadah, Ia (Abu Qatadah) berkata : Rasulullah shalat bersama kami, maka
beliau membaca Al-Fatihah dan surat pada
2 Rakaat awal dari shalat Dhuhur dan Ashar, terkadang beliau mem-perdengarkan
ayat kepada kami. Beliau membaca ayat pada raka’at pertama lebih panjang
dibandingkan di raka’at ke dua saat shalat dhuhur. Demikian pula saat Shalat
Subuh”.
وفي رواية: «ويقرأ في الركعتين الأخريين بفاتحة الكتاب»
Dalam
suatu riwayat : “Beliau membaca Al-Fatihah
di dua raka’at terakhir (rakaat ke-3 dan ke-4).
قال الطبري: يقرأ بأم القرأن في كل ركعة، فإن لم يقرأ بها لم يجزه
إلا مثلها من القرآن عدد آياتها وحروفها.
At-Thabari
berkata : Membaca Ummul Qur’an
(Al-Fatihah) (harus) di setiap rakaat, maka jika tidak membacanya tidak
diperbolehkan kecuali ia membaca ayat semisal Al-Fatihah baik jumlah ayatnya
maupun hurufnya.
قال القرطبي: والصحيح من هذه لأقوال، قولُ الشافعي وأحمد ومالك في
القول الآخر، وأن الفاتحة متعينة في كل ركعةٍ لكل أحدٍ على العموم لقوله عَلَيْهِ
الصَّلَاة وَالسَّلَام ُ:«لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب»
Al-Qurthubi
berkata: Pendapat ini yang benar; pendapat Syafi’i, Ahmad dan Malik, Pendapat
terakhir. Bahwa membaca Al-Fatihah adalah
Fardu ‘Ain pada setiap raka'at
berdasarkan keumuman Sabda Nabi SAW : “Tidak ada shalat bagi orang yang
tidak membaca Al-Fatihah”.
وقد روي عن عمر بن الخطاب، وعبد الله بن عباس، وأبي هريرة، وأُبِيّ
بن كعب، وأبي أيوب الأنصاري، وعبادة بن الصامت، وأبي سعيد الخدري أنهم قالوا: «لا صلاة إلا بفاتحة الكتاب»
فهؤلاء الصحابة القُدرةوفيهم الأسوة، كُلّهم يوحبون الفاتحة في كل ركعة
Dan
sungguh diriwiyatkan dari Umar bin Khatab, Abdullah Bin Abbas, Abu Hurairah,
Ubay Bin Ka’ab, Abu Ayyub Al-Anshari, Ubadah bin Shamit dan Abi Sa’id
al-Khudry, mereka berkata: Tidak (sah) shalat kecuali (dengan membaca)
Al-Fatihah.” Mereka menjadi panutan dan teladan. Mereka semua mewajibkan
Al-Fatihah di setiap raka'at.
قال الإمام الفخر: «إنه عليه السلام واظب طول عمره على قراءة الفاتحة
في الصلاة، فوجب أن يجب علينا ذلك لقوله تعالى: {واتبعوه لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ}
[الأعراف: 158]
Berkata
Imam Fakhr Ar-Razi : “Sesungguhnya Nabi
SAW selalu membaca Al-Fatihah dalam shalat sepanjang hidupnya. Maka wajiblah
atas kita untuk mengikutinya, karena Allah SWT berfirman: “Dan ikutilah dia
(Muhammad) supaya kamu menddapat petunjuk”. (QS.7.Al-a"raf : 158)”.
ويا لَلْعجب من أبي حنيفة فإنه تمسّك في وجوب (مسح الناصية) بخبر
واحد وذلك ما رواه المغيرة بن شعبة رَضِيَ اللَّهُ عَنْه عن النبي صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّم َ أنه أتى سُباطة قوم فبال وتوضأ، ومسح على ناصيته وخفيه،
Dan sangat
janggal (mengherankan) (pendapat) Abu Hanifah, bahwa mengusap ubun-ubun menjadi
suatu kewajiban (dalam berwudhu) bedasarkan Hadits Ahad, yaitu Hadits riwayat
Al-Mughirah Bin Syu’bah R.A dari Nabi
SAW bahwa Nabi mendatangi tempat buang hajat, lantas beliau kencing dan lalu
berwudlu, beliau mengusap ubun-ubun dan kedua kasutnya.
في (أنه عليه السلام مسح على الناصية) فجعل ذلك القدر من المسح شرطاً
لصحة الصلاة!
Berdasarkan
Hadits ini (Nabi mengusap ubun-ubun) beliau (Abu Hanifah) menetapkan keharusan
mengusap ubun-ubun sebagai sarat untuk sahnya shalat, (yaitu bersuci, wudlu).
{وهاهنا نقل أهلُ العلم نقلاً متواتراً أنه
عليه
السلام واظب طول عمره على قراءة الفاتحة، ثمّ قال: إن صحة الصلاة غير موقوفة
عليها، وهذا من العجائب}»
Sementara,
di sini para ulama meriwayatkan secara mutawatir bahwa Nabi SAW selalu membaca
surah Al-Fatihah tanpa meninggalkan sekalipun. Sungguh ini sangat mengherankan.
(h. 57)
الحكم
الرابع: هل يقرأ المأموم خلف
الإمام؟
Hukum
yang ke-4 : Apakah
ma’mum membaca (Al-Fatihah) di belakang Imam?
اتفق العلماء على أن المأموم إذا أدرك الإمام راكعاً فإنه يحمل عنه
القراءة، لإجماعهم على سقوط القراءة عنه بركوع الإمام، وأمّا إذا أدركه قائماً فهل
يقرأ خلفه أم تكفيه قراءة الإمام؟ اختلف العلماء في ذلك على أقوال:
Telah sepakat para ulama bahwa ma’mum kalau ia
mendapatkan imam sedang ruku (ma’mum ruku bersama Imam) maka ia ma’mum
(dianggap) telah mendapatkan bacaan (Al-Fatihah). Ulama bersepakat atas gugurnya bacaan ma’mum
tatkala mendapatkan rukunya Imam. Akan tetapi,
apabila ma'mum mendapatkan imam berdiri
apakah bacaan imam telah cukup untuk menggantikannya, atau apakah ma'mum
juga harus membaca? Dalam masalah ini para ulama berbeda pendapat dalam
beberapa pendapat berikut:
أ - فذهب الشافعي وأحمد: إلى وجوب قراءة الفاتحة خلف الإمام سواء
كانت الصلاة سرّية أم جهرية.
a.
Imam Syafi’i dan Ahmad
berpendapat : Wajib membaca Al-Fatihah di belakang Imam, baik pada shalat
Siiriyah maupun shalat Jahriyah.
ب - وذهب مالك إلى أن الصلاة إذا كانت سرّية قرأ خلف الإمام، ولا
يقرأ في الجهرية.
b.
Imam Malik berpendapat : Bila
shalat Sirriyah, maka ma'mum membaca Al-Fatihah di belakang Imam, tetapi tidak
membaca Al-Fatihah pada shalat sirriyah.
ج - وذهب أبو حنيفة: إلى أنه لا يقرأ خلف الإمام لا في السرية ولا في
الجهرية.
c.
Abu Hanifah berpendapat :
tidak membaca Al-Fatihah di belakang Imam, baik saat shalat sirriyah ataupun
shalat jahriyah.
استدل الشافعية والحنابلة المتقدم
وهو
قوله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ:
«لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب»
Madzhab Syafi'i dan Hambali menda-sarkan
dalil pada Hadits terdahulu; “Tidak ada shalat (yang sah) bagi yang tak
membaca Al-Fatihah”.
فإن
اللفظ عام يشمل الإمام والمأموم، سواء كانت الصلاة سرية جهرية، فمن لم يقرأ بفاتحة
الكتاب لم تصحّ صلاته.
Lafadz tersebut bersifat am
(umum) mencakup imam dan ma'mum, sama saja baik shalat sirriyah atau jahriyah.
Maka siapa yang tidak membaca Al-Fatihah tidak sah shalatnya.
واستدل الإمام مالك: على قراءة الفاتحة إذا كانت الصلاة سرّية
بالحديث المذكور، ومنع من القراءة خلف الإمام إذا كانت الصلاة جهرية لقوله تعالى:
{وَإِذَا قُرِىءَ القرآن فاستمعوا لَهُ وَأَنصِتُواْ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ}
[الأعراف: 204]
Imam Malik berdalil : membaca
Al-Fatihah bila shalat sirriyah berdasrkan Hadits di atas, dan terlarang (bagi
ma'mum) membacanya di belakang Imam saat shalat Jahriyyah, karena Firman Allah
: “Dan Apabila dibacakan Al-Quran maka dengarkanlah baik-baik dan
perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat”. (QS.7.Al-a"raf
: 204).
وقد نقل القرطبي: عن الإمام مالك أنه لا يقرأ في الجهرية بشيء من
القرآن خلف الإمام، وأمّا في السرّية فيقرأ بفاتحة الكتاب، فإن ترك قراءتها فقد
أساء ولا شيء عليه
Al-Qurtubi menukil dari Imam
Malik bahwanya (ma'mum) tidak membaca ayat Al-Quran apapun saat shalat jahriyah
di belakang Imam, adapun saat shalat sirriyah, maka membaca Al-Fatihah. Bila
tidak membacanya maka ini kurang baik (jelek) walaupun tidak apa-apa.
وأمّا الإمام أبو حنيفة: فقد منع من القراءة خلف الإمام مطلقاً عملاً
بالآية الكريمة {وَإِذَا قُرِىءَ القرآن فاستمعوا} [الأعراف: 204] ولحديث «من كان
له إمام فقراءة الإمام له قراءة»
Adapun Imam Abu Hanifah:
ma'mum dilarang membaca ayat Al-Quran manapun secara mutlak di belakang Imam
berdasarkan ayat : “Dan Apabila dibacakan Al-Quran maka dengarkanlah” dan Hadits : “Siapa yang memiliki imam,
maka bacaan Imamnya adalah bacaannya”.
واستدل أيضاً بما روي عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ
أنه قال:«إنما جعل الإمام ليؤتم به، فإذا كبّر فكبروا، وإذا قرأ فأنصتوا»
Beliau berdalil juga
dengan Hadits dari Nabi SAW bersabda : “Dijadikan
Imam hanyalah untuk diikuti, apabila ia bertakbir maka bertakbirlah, apabila ia
membaca maka dengarkanlah”.
----
=== ----
No comments:
Post a Comment